Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polda Sulut: Sembari Tunggu Izin, Warga Perbaiki Musala Agape Yang Dirusak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 31 Januari 2020, 17:18 WIB
Polda Sulut: Sembari Tunggu Izin, Warga Perbaiki Musala Agape Yang Dirusak
Kabid Humas Polda Sulawesi Utara Kombes Jules Abraham Abast/Net
rmol news logo Masalah perizinan tempat ibadah menjadi pemicu sekelompok warga merusak musala Al Hidayah yang terletak di Perum Griya Agape, Desa Tumaluntung, Kauditan, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu yang disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sulawesi Utara Kombes Jules Abraham Abast saat dikonfirmasi, Jumat (31/1).

“Pada tanggal 29 Januari 2019 (kejadian pengerusakan) malam hari ada sekelompok warga yang mendatangi balai pertemuan umat Islam, Al Hidayah,” ujar Jules.

Pada malam itu, terang Jules, sekelompok warga mempertanyakan terkait izin terhadap masyarakat yang berada di balai pertemuan Al Hidayah.

“Namun warga yang berada di balai tak bisa menunjukan, sehingga terjadi perdebatan yang berujung akhirnya terjadi pengerusakan oleh warga yang menyakan izin,” urainya.

Namun sebenarnya, kata Jules, sudah beberapa kali diadakan pertemuan untuk menyelesaikan persoalan perizinan balai pertemuan yang kemudian dialihfungsikan sebagai tempat ibadah itu.

Sementara sehari setelah kejadian perusakan, Bupati Minahasa Utara, Ketua DPRD Minahasa Utara, Kapolres, Dandim, dan tokoh masyarakat dan agama seluruh Kabupaten Minahasa Utara telah melakukan pertemuan yang menghasilkan tiga kesepakatan.

“Balai pertemuan untuk sementara ditutup sampai proses peizinan selesai, kemudian bilamana masyarakat akan mengajukan sebagai tempat ibadah agar menyelesaikan proses perizinan dan melengkapi persyaratan, secepatnya diurus izinnya sesuai dengan ketentuan yang ada,” urainya.

Kemudian, Jules menambahkan, sambil menunggu proses perizinan, balai pertemuan untuk sementara ditutup dari segala aktivitas. Hal lain yang disepakati ialah balai pertemuan itu akan diperbaiki oleh masyarakat yang dimotori Kapolres Minahasa Utara.

“Dibantu rekan-rekan TNI. Hari sudah mulai diperbaiki,” pungkas Jules. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA