Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Petugas Ditlantas Polda Metro Kini Dibantu Body Camera Dalam Menangani Pelanggaran Lalu Lintas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 15 Oktober 2019, 13:29 WIB
Petugas Ditlantas Polda Metro Kini Dibantu Body Camera Dalam Menangani Pelanggaran Lalu Lintas
Body Camera akan terpasang di petugas Ditlantas Polda Metro Jaya/Repro
rmol news logo Guna menunjang kinerja, anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kini dilengkapi sebuah kamera berteknologi tinggi saat bertugas di lapangan. Kamera ini disebut body camera karena terpasang di bagian depan badan petugas.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, kamera portabel tersebut dipasang di saku baju guna mengawasi anggotanya yang bertugas di lapangan.

"(Tujuannya) untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan," ucap AKBP Muhammad Nasir saat dikonfirmasi, Selasa (15/10).

Rekaman video dan suara pada body camera tersebut dapat dipantau langsung di ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya. Video streaming tersebut dapat merekam aktivitas anggota selama 8 hingga 12 jam.

Nasir menambahkan, body camera tersebut juga dimanfaatkan untuk menindak para pelanggar lalu lintas yang terekam pada kamera tersebut.

"Body camera juga untuk menindak pelanggar lantas secara elektronik. Alat itu dapat diarahkan ke sasaran dari back office (ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya)," jelasnya.

Tak hanya itu, body camera juga akan mempermudah anggota yang bertugas di lapangan untuk meminta bantuan tambahan personel saat bertugas.

"Body camera juga dapat untuk meminta bantuan personel dalam tugas yang memerlukan penambahan personel," terangnya.

Hingga saat ini kata Nasir, pihaknya telah melakukan uji coba terhadap penggunaan body camera. Sebanyak 16 unit body camera telah digunakan anggotanya.

"Ada 16 unit yang sudah siap. Sedang proses uji coba telah dilaksanakan sejak September 2019," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA