Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Rencanakan Rusuh, Abdul Basith Cs Diduga Tunggangi Demo Damai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 02 Oktober 2019, 18:24 WIB
Selain Rencanakan Rusuh, Abdul Basith Cs Diduga Tunggangi Demo Damai
Aksi Mujahid selamatkan NKRI/RMOL
rmol news logo Dosen Institute Pertanian Bogor (IPB) Abdul Basith dan delapan orang tersangka lainya tidak hanya merencanakan kerusuhan saat aksi Mujahid 212 Selamatkan NKRI di Jakarta. Mereka juga menunggangi aksi-aksi unjuk rasa damai yang digelar di Jakarta.

“Mereka menunggangi aksi unjuk rasa damai agar menjadi chaos dengan menggunakan sarana bom molotov, bom ikan dan granat nanas,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/10).

Tidak hanya itu, sebut Dedi, dari hasil penyelidikan terhadap para tersengka, mereka juga merencanakan untuk menduduki gedung MPR/DPR untuk mengganti sistem pemerintahan serta menggagalkan pelantikan Presiden terpilih 2019-2024.

Namun demikian, Dedi menjelaskan berkat kesigapan mengambil langkah preventif, Polri berhasil menggagalkan rencana tersebut.

“Dalam setiap demo buntutnya kerusuhan. Turunannya mengganggu pelantikan DPR/MPR kemaren. Kalau tidak dilakukan penegakan hukum dia akan mengulangi perbuatannya dengan melempar bom jatuh korban baik aparat maupun masyarakat,” urai Dedi.

Selain Abdul Basith, delapan orang tersangka lainya yang sudah diamankan dan dijadikan tersangka yakni Sugiono alias Laode, Okto Siswantoro, Laode Adi, Laode Aluani, Jahlan Raali, Laode Samiun dan Yudhi Ferdian.

Untuk tersangka Laksamana Pertama (purn) Sony Santoso yang merupakan purnawirawan TNI AL penangananya sepenuhnya diserahkan kepada POM TNI AL.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA