Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HNW Minta ANRI Terus Kumpulkan Bukti Sejarah Perjalanan Bangsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 03 Januari 2019, 19:52 WIB
HNW Minta ANRI Terus Kumpulkan Bukti Sejarah Perjalanan Bangsa
HNW saat berkunjung ke ANRI/Net
rmol news logo Kunjungan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid ke Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) disambut hangat pada Kamis (3/1).

Kepala ANRI, Mustari Irawan berharap kunjungan pimpinan lembaga tinggi negara tersebut bisa menggairahkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum, khususnya ANRI.

Terlebih, ada lebih dari dua juta foto, film, dan gambar yang disimpan di ANRI.

“Mudah-mudahan, kunjungan Wakil Ketua MPR, dapat menambah semangat kami dalam mengusahakan terkumpulnya arsip lain dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk gemar mengunjungi ANRI,” kata Mustari dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Pada kunjungan tersebut, wakil Ketua MPR berkesempatan melihat sebagian koleksi arsip di ANRI. Mulai dari naskah asli proklamasi yang ditulis tangan oleh Soekarno hingga foto-foto tokoh pergerakan nasional dan sejumlah konferensi perdamaian yang dilakukan antara pemerintah Indonesia dan Belanda.

Dia juga menyempatkan diri melihat arsip-arsip MPR yang sudah tersimpan di ANRI. Selain itu Hidayat juga melihat diorama, perjalanan sejarah  Indonesia yang dimiliki ANRI.

Hidayat meminta ANRI bisa mengumpulkan bukti-bukti sejarah perjalanan bangsa Indonesia, yang hingga kini masih tercecer. Antara lain, arsip mengenai resolusi jihad yang dikobarkan Hasyim Asy'ari dan Mosi Integral yang digagas Moh. Natsir. Termasuk arsip tentang penetapan 18 Agustus sebagai Hari Konstitusi.

"Semua itu adalah rangkaian sejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Dan memiliki makna yang sangat besar, untuk memberikan pelajaran kepada generasi muda. Bahwa umat Islam telah berkontribusi banyak bagi tegak dan kuatnya NKRI,” harap politisi PKS yang akrab disapa HNW itu. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA