Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelora Semangat Bushido Kaum Samurai

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Rabu, 20 Juni 2018, 08:10 WIB
Gelora Semangat Bushido Kaum Samurai
Pemain Jepan Yuya Osako merayakan golnya di menit 73/AFP
SEHARI sebelum 19 Juni 2018 Timnas Jepang menghadapi Timnas Kolombia dalam babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Arena Mordovia, Saransk, Rusia, gempa bumi 6,1 skala Richter mengguncang kawasan Osaka, Jepang menewaskan dua orang dan melukai lebih dari 200 orang.

Tidak Kondusif


Pelatih timnas Jepang, Akira Nishino, menguatirkan gempa bumi tersebut mempengaruhi kondisi mental para samurai sepakbola Jepang yang akan berhadapan dengan Timnas Kolombia yang kaliber bukan sembarangan. Apalagi dalam sejarah Piala Dunia, para pesepakbola Asia selalu kesulitan ketika menghadapi lawan dari Amerika Latin.
Dikuatirkan, para pemain yang berasal dari kawasan Osaka menguatirkan nasib kerabat dan sanak-keluarga mereka di kampung halaman. Seirama dan senada dengan sang pelatih, sang gelandang andalan Jepang Makoto Hasebe menyatakan diri ikut berduka terhadap para korban gempa bumi yang untuk sekian kali telah menimpa bumi Nihonkoku.

Samurai


Awan kelabu juga sedang merundung Timnas Jepang, akibat dua bulan sebelum Piala Dunia mendadak Vahid Haliodzic diberhentikan sebagai pelatih Timnas Matahari Terbit akibat dinilai tidak mampu mendongkrak performa Timnas Jepang dalam serangkaian laga uji tanding.

Maka Timnas Jepang maju ke medan laga melawan Kolombia dengan suasana serba tidak terlalu kondusif. Namun sekali lagi terbukti bahwa bola memang bundar.

Sebab kenyataan akhirnya membuktikan kesebelasan Jepang dengan gelora semangat Bushido kaum Samurai berhasil mengungguli kesepuluhan (sebab seorang pemain terkena Kartu Merah) Kolombia dengan skor 2 : 1 yang tercatat dengan tinta emas di lembaran sejarah sepakbola Asia, sebagai pertama kali timnas Asia berhasil mengalahkan timnas Amerika Latin di gelanggang Piala Dunia.

Penulis mendambakan Timnas Indonesia ikut memperebutkan Piala Dunia

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA