Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Catat, Banyak Pengikut Di Medsos Bukan Jaminan Menang Di Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 01 Februari 2016, 02:36 WIB
Catat, Banyak Pengikut Di Medsos Bukan Jaminan Menang Di Pemilu
rmol news logo Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens tidak terkejut dengan besarnya jumlah pengikut Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di media sosial.

Berdasarkan hasil riset Instute for Transformation Studies (INTRANS) di media sosial seperti, Facebook fans, Twitter followers, Instragram followers, Google+ followers, dan YouTube subscribers yang dirilis Jumat kemarin, PSI berada di urutan ketiga partai paling banyak pengikut dengan jumlah 1,1 juta.

Sementara posisi pertama dan kedua masing-masing diduduki Partai Gerindra (3,8 juta followers) dan PDIP (1,6 juta pengikut).

Menurut Boni, banyaknya pendukung PSI di media sosial karena partai pimpinan Grace Natalie tersebut bisa menjadi partai alternatif.

"PSI sebagai partai alternatif bagi anak muda dan kelas menengah perkotaan di tengah kebosanan mereka terhadap program-program yang ditawarkan partai-partai yang sudah mapan saat ini," jelas Boni Hargens saat dihubungi (Minggu, 31/1).

Namun para anak muda dan juga kelas menengah perkotaan ini, kata Boni, masih ingin melihat gebrakan dan apa yang ditawarkan oleh partai debutan tersebut dibanding dengan partai yang sudah ada.

"Yang pasti mereka (pengurus PSI) semuanya baru yang belum terkontaminasi dengan kondisi politik yang ada, sehingga diharapkan mempunyai tawaran yang menggiurkan yang diharapkan kalangan urban," harap dia.

Di era digital saat ini, Boni mengungkapkan semua partai politik pasti akan menggarap media sosial sebagai alat kampanye mereka.

Caranya, parpol akan melakukan modifikasi cara kampanye dengan mendekati kalangan anak muda dan kaum perkotaan melalui media sosial seperti Twitter, Facebook agar mereka lebih mengenal program-program yang ditawarkan oleh partai.

"Tapi perlu diingat jumlah pemilih di perkotaan dan anak muda tidak menjadi penentu utama dalam pemilu. Soalnya masih banyak pemilih yang tinggal di pedesaan dan tidak terjangkau internet," sebut dia.

Dengan demikian, banyaknya pengikut di media sosial tidak berbanding lurus dengan banyaknya pemilih pada pemilu 2019. "Media sosial hanya salah satu cara untuk menggaet pemilih," tandasnya.

Selain itu, followers juga belum tentu suka apa yang diikutinya. "Jadi masih harus dipilah-pilah dulu, mana followers yang selalu memperbincangkan secara positif dan mana yang tidak. Kalau positif bisa dipastikan akan menjadi pemilih bagi partai yang bersangkutan," pungkasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA