Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM: Pimpinan Polri Menghadapi Ujian Profesionalitas dan Kemandirian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 01 Mei 2015, 21:33 WIB
Komnas HAM: Pimpinan Polri Menghadapi Ujian Profesionalitas dan Kemandirian
maneger nasution
rmol news logo Penangkapan penyidik senior KPK Novel Baswedan juga menyita perhatian Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Bagi Komnas HAM, profesionalitas Mabes Polri saat ini sedang diuji.

"Tanpa bermaksud mencampuri kewenangan lembaga negara lain, Kepolisian, penangkapan Novel Baswedan oleh Bareskrim seolah membuat semakin terang benderang bahwa pimpinan Polri sekarang kembali menghadapi ujian profesionalitas dan kemandirian," ujar Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution, dalam keterangannya (Jumat, 1/5).

Dia berharap, elit Polri tidak kehilangan orientasi, fokus, sensitifitas, dan resfek.

"Kalau ini tidak segera menghadirkan kesadaran baru, justru akan menggerus modal sosial institusi kepolisian sendiri, yang pada akhirnya akan menyempurnakan tingkat distrust masyarakat terhadap kelembagaan kepolisian kita," sambungnya.

Dia mengingatkan, dalam sistem presidensial, Presiden Jokowi sebagai pemimpin tertinggi, di sisa waktu yang tidak terlalu lama ini, ada baiknya menggunakan momentum tersisa ini untuk memberikan direction yang terang benderang untuk mengembalikan marwah kepolisian untuk kembali kekhittahnya. Yaitu memberantas orang jahat, bukan orang salah".

"Mungkin Presiden Jokowi dan Kapolri kita masih punya sisa waktu dan momentum," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA