Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inilah Asal Usul Nama Kota Bengkulu

Rabu, 18 Maret 2015, 06:36 WIB
Inilah Asal Usul Nama Kota Bengkulu
rmol news logo . Ketua DPRD Kota Bengkulu Erna Sari Dewi mengingatkan seluruh masyarakat Kota Bengkulu untuk tidak lupa akan sejarah daerah mereka.

Ajakan itu disampaikan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Bengkulu dalam rangka peringatan HUT Kota Bengkulu ke-296, tema 'Wujutkan Kebersamaan Menuju Masyarakat yang Sejahtera dan Bermatabat', Selasa (17/3) kemarin.

Semua yang hadir di ruangan rapat tidak hanya diwajibkan menggunakan pakain adat Kota Bengkulu, tetapi wajib menggunakan bahasa daerah Bengkulu.

"Dengan hari jadinya Kota Bengkulu, marila kita jangan lupakan sejarah Kota Bengkulu. Dimana Kota Bengkulu didirikan pado Tahun 1720, setelah Gubernur Inggris diperkenankan oleh raja-raja Bengkulu untuk kembali ke Ujung Karang," ujar Erna Sari membuka sejarah Kota Bengkulu.
   
Jelas dia, Kota Bengkulu pada awalnya berupa kerajaan-kerajaan kecil yang terdiri dari, Kerajaan Sungai Lemau dengan raja yang berasal dari Pagaruyung, Sumatera Barat dengan gelar Datuk Bagindo Maharajo Sakti, Kerajaan Sungai Serut dengan raja yang berasal dari Kerajaan Majapahit yang bergelar Ratu Agung.
  
Erna Sari juga menyampaikan bahwa Raja Ratu Agung mempunyai anak yang bernama Ratu Gading Cempaka yang cantik dan dipinang oleh Putra dari Raja Aceh.

"Pinangan Rajo Aceh diterimo, dan Rajo Aceh balik ke negerinyo, akan tetapi malang tak dapek ditolak, ketiko Putra Rajo Aceh datang untuk melaksanakan pernikahan ayahhanda Ratu Gading Cempaka meninggal dunio, dan kakaknyo yang menggantikan tahta menolak pernikahan kareno masih dalam suasano berkabung," imbuhnya dilansir dari RMOL Bengkulu.
  
"Penolakan untuk melangsungkan pernikahan yang dilakukan kakak Ratu Gading Cempaka yang bernama Rajo Anak Dalam Muaro Bangkahulu tersebut, yang menjadi cikal bakal nama Kota Bengkulu. Kesuksesan taktiknya untuk mengusir tentara Aceh yang menyerang kerajaan, sehingga namanya diabadikan menjadi nama kota yaitu Bangkahulu dan lazim disebut Bengkulu," tutup Erna menceritakan singkat tentang kerajaan Bengkulu. [ogimansyah/sim/bkl/owh/rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA