Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zulkifli Hasan: Kebijakan dan Program Pro-Rakyat harus Jadi Indikator Kinerja Partai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 24 Februari 2015, 15:30 WIB
Zulkifli Hasan: Kebijakan dan Program Pro-Rakyat harus Jadi Indikator Kinerja Partai
zulkifli hasan
rmol news logo Partai politik selama ini terjebak dengan menjadikan perolehan suara dan jumlah kursi di DPR maupun DPRD sebagai satu-satunya indikator keberhasilan.

Calon Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan setuju peningkatan jumlah kursi sebagai indikator. Namun, perolehan kursi tersebut merupakan apresiasi rakyat kepada partai karena peduli dengan mereka.

"Tidak hanya dengan melakukan utak-atik caleg menjelang Pemilu oleh partai atau hasil dari kampanye mahal yang membebani caleg, " kata Zulkifli (Selasa, 24/2).

Menurutnya, indikator kinerja partai harus berorientasi kepada kepentingan bangsa yang lebih besar, seperti peningkatan kesejahteraan rakyat dan penguatan sistem politik, penguatan demokrasi.

Karenanya, PAN di masa depan akan memasukkan kebijakan dan program pro-rakyat sebagai indikator kinerja keberhasilan partai. Kolaborasi kinerja beragam partai berbasis kebijakan dan program pro-rakyat akan mengembalikan kepercayaan publik kepada partai.

"Sudah lama kita mengabaikan pengukuran kinerja partai yang seharusnya berbasis pada kebijakan dan program pro-rakyat," ungkap Ketua MPR RI ini.

Dia menambahkan, indikator kinerja partai secara umum adalah peningkatan kesejahteraan rakyat dan penguatan demokrasi.

"Partai-partai berkinerja baik, rakyat semakin sejahtera dan partispasi politik semakin berkualitas. Dan tugas partai memberdayakan organisasi dan kader yang berada di lembaga eksekutif dan legislatif untuk mewujudkannya. Itulah arah PAN masa depan, " tegas mantan Sekjen PAN tersebut. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA