Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cairkan Hubungan, Kader Muhammadiyah Sebaiknya Jadi Sekjen PAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 19 Februari 2015, 08:14 WIB
Cairkan Hubungan, Kader Muhammadiyah Sebaiknya Jadi Sekjen PAN
azrul tanjung
rmol news logo Peran Muhammadiyah tak bisa dilepaskan dalam pendirian Partai Amanat Nasional. Karena partai tersebut lahir dari rahim Muhammadiyah melalui sidang Tanwir 5-7 Juni 1998 di Semarang, Jawa Tengah.

Sidang Tanwir merekomendasikan kepada PP Muhammadiyah agar mempersiapkan berdirinya partai politik. Bahkan ormas itu juga memberikan amanah kepada Amien Rais yang saat itu menjabat Ketua PP Muhammadiyah untuk mendirikan PAN.

"Tidak hanya sidang tanwir Muhammadiyah yang memberikan amanah kepada Amien Rais," jelas tokoh muda Muhammadiyah, Muhammad Azrul Tanjung (Kamis, 19/2).

Tak hanya itu, jaringan dan bahkan berbagai fasilitas Muhammadiyah juga dipersilakan digunakan PAN saat itu. "Muhammadiyah punya saham besar di PAN," tegas mantan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ahmad Dahlan ini.
 
Namun, dia menyayangkan, partai berlambang matahari tersebut saat berada agak jauh dari Muhammadiyah. Bahkan dia menilai, ini ada jurang yang cukup dalam antara dua lembaga tersebut.

"Hal itu terbukti dari minimnya kader Muhammadiyah dalam kepengurusan PAN periode 2010-2015," tekan kandidat doktor di Universitas Brawijaya Malang itu.

Dari itu menurutnya, sudah saatnya kader terbaik Muhammadiyah diangkat menjadi Sekjen DPP PAN. Apalagi, ada sejumlah kader muda Muhammadiyah yang dinilai pantas menjabat Sekjen PAN. Seperti Imawan Wahyudi, Ali Taher Parasong, Iskandar Sembiring, Nadjamuddin Ramly dan Saleh Partaonan Daulay.

"Kehadiran kader Muhammadiyah dalam politik akan membawa warna tersendiri di kancah perpolitikan nasional," tandasnya.

PAN akan menggelar Kongres IV pada 28 Februari hingga 2 Maret 2015 di Bali. Saat ini ada dua calon yang akan berlaga, yaitu Zulkifli Hasan dan Hatta Rajasa.  [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA