Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Dikelola dengan Baik, BUMDes Bisa Ciptakan Entrepreneur Handal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 18 Februari 2015, 21:13 WIB
Jika Dikelola dengan Baik, BUMDes Bisa Ciptakan Entrepreneur Handal
marwan jafar
rmol news logo Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand, Indonesia masih kalah dalam menciptakan entrepreneur.

Sekarang Indonesia kurang lebih mempunyai 1,65% entrepreneur dari total jumlah penduduk yang ada.

"Untuk menjadi bangsa yang maju, sedikitnya dibutuhkan 2% penduduk Indonesia yang menjadi entrepreneur," jelas Menteri Desa dalam siaran persnya (Rabu, 18/2).

Karena itulah dia mengungkapkan, selain untuk memperkokoh fondasi ekonomi desa, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) diharapkan bisa menciptakan banyak bibit-bibit enterpreuner handal yang muncul dari desa
 
Bahkan, jika dimanage dengan baik, BUMDes juga akan meningkatkan perekonomian nasional, dan mampu menciptakan lapangan kerja.

"Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan di desa, misalnya dengan membuat bank sampah, bisa menghasilkan beberapa kerajinan yang memiliki nilai jual," imbuhnya.

Dengan begitu, desa akan berdiri secara mandiri dan kedepan akan mampu memiliki kontribusi dalam  mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia sebagai bangsa yang maju, sejajar dari bangsa-bangsa lain.

"Kedepan, dengan mewujudkan desa mandiri, Desa akan menjadi penopang perekonomian bangsa," tandas mantan Ketua Fraksi PKB ini. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA