Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemuda Muhammadiyah akan Mengawal Keharmonisan Antara Umat Beragama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 13 Februari 2015, 04:09 WIB
Pemuda Muhammadiyah akan Mengawal Keharmonisan Antara Umat Beragama
Dahnil Anzar Simanjuntak
rmol news logo Indonesia dibangun melalui "kekuatan kemauan" yang didasarkan oleh rasionalitas. Kekuatan kemauan dan kesadaran kolektif itu yang mendorong para pemuda melahirkan Sumpah Pemuda dan menggunakan nama Indonesia sebagai tanah air, bangsa dan bahasa pada tahun 1928 lalu.

Demikian disampaikan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dalam acara Stand Up for Harmony dalam rangka World Interfaith Harmony Week 2015 di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, 62 Jakarta Pusat Kamis malam (12/2.

"Perbedaan dibangun melalui harmoni, dan harmoni itu dirawat melalui rasionalitas yang terjaga. Maka disharmony dan intoleransi selalu hadir ketika rasionalitas digerus oleh syahwat politik dan kepentingan kelompok," ucap Dahnil.

Selain itu, merawat harmoni keindonesiaan yang dihiasi dengan sikap saling hormat antar umat beragama harus dimulai dengan membangun dialog yang tidak berpura-pura.

"Tetapi dialog dari hati ke hati, dialog saling memahami membangun mutual respect, mutual understanding antar umat beragama," sambung Dahnil, yang juga President Religions for Peace Asia and Pacific Youth Interfaith Network (RfP-APYIN).

"Nah, Pemuda Muhammadiyah akan selalu berdiri di depan untuk mengawal agenda harmoni antara umat beragama di Indonesian," pungkas ekonom Untirta yang akrab disapa Anin ini. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA