Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Manfaatkan Lahan Transmigrasi, Bisa Percepat Target Swasembada Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 04 Februari 2015, 16:14 WIB
Manfaatkan Lahan Transmigrasi, Bisa Percepat Target Swasembada Pangan
ilustrasi
rmol news logo Menteri Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar sangat antusias dan siap bekerja keras untuk mempercepat mewujudkan swasembada pangan dalam tahun 3 tahun ini sebagaimana ditargetkan Presiden Joko Widodo.

Dia optimistis target tersebut bisa dicapai karena Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki potensi dan sumberdaya yang sangat mendukung.

Misalnya, dia menjelaskan, lahan transmigrasi bisa jadi lumbung pangan nasional sehingga dapat mendukung bahkan mempercepat pencapaian target swasembada pangan tersebut.

"Sehingga kita tidak perlu impor lagi untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat," ujar Menteri Marwan dalam keterangan persnya (Rabu, 4/2).

Selama ini kawasan transmigrasi yang tersebar di luar Jawa sebenarnya telah cukup berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pangan daerah dan nasional.

Kawasan transmigrasi di Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan kawasan lainnya selama ini telah menjadi sentra-sentra produksi pangan. Hasil produksinya selain untuk memenuhi kebutuhan pangan daerah setempat dan sekitarnya juga dikirim ke berbagai daerah di pulau jawa yang padat penduduknya.

Kekurangan lahan pertanian nasional yang diperkirakan butuh tambahan lahan baru seluas 2 juta hektare, juga dapat disediakan di kawasan transmigrasi yang masih memiliki jutaan hektare lahan yang belum dibuka atau didayagunakan secara produktif.

Berbagai jenis kebutuhan pangan dapat diproduksi pada lahan-lahan transmigrasi. Mulai dari padi/beras, jagung, kedelai, peternakan, dan perikanan. Tinggal bagaimana upaya agar produksi pertanian di kawasan transmigrasi bisa makin ditingkatkan kualitas dan volumenya.

"Jika kita bisa mengoptimalkan potensi lahan yang tersedia di kawasan transmigrasi, kita support benih unggul, pupuk, peralatan, teknologi, pendampingan, penyuluhan, saya optimis kawasan transmigrasi bisa menjadi lumbung pangan penting untuk mempercepat target Presiden Jokowi dalam mewujudkan swasembada pangan nasional," demikian Menteri Marwan. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA