Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Babi Hutan Serang Ladang Ketela Warga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 23 September 2012, 21:52 WIB
Babi Hutan Serang Ladang Ketela Warga
babi hutan/ist
rmol news logo Puluhan babi hutan menyerang ladang penduduk di Desa Besuki Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kawanan babi ini memakan ketela pohon, ubi, bahkan tanaman padi.

“Sebenarnya serangan babi sudah lama terjadi. Namun musim kemarau ini semakin parah,” kata M Rokhimi, salah satu warga, Minggu (23/9).

Warga menduga babi hutan mengganas karena minimnya persediaan makanan di hutan. Desa Besuki berbatasan langsung dengan hutan jati milik Perhutani Banyumas Barat yang membentang hingga wilayah Kabupaten Cilacap.

Rokhimi menuturkan sebenarnya warga sudah berusaha menghalau babi dengan berbagai macam cara. Saat serangan mengganas, warga berinisiatif untuk melakukan ronda di ladang mereka. Beberapa alat jebakan disediakan warga, antara lain dengan jaring kawat dan tali jerat. Namun usaha warga jarang berhasil.

“Ada juga pemburu dari daerah lain. Tapi karena alatnya tradisional babi hutan juga jarang tertangkap,” tambahnya.

Selain ladang di pinggir hutan, kawanan babi ini juga menggasak tanaman pangan yang berada di pekarangan milik penduduk. Babi hutan juga kerap muncul di sungai pinggiran hutan yang menjadi sumber air utama wilayah ini.

“Ini menandakan bahwa sumber makanan mereka sudah benar-benar habis,” katanya.

Warga mengaku kesulitan menangkap karena peralatan buru mereka masih tradisional. Antara lain dengan tombak dan alat jerat sederhana. Kesulitan lainnya, babi hutan hanya aktif di malam hari. Luasnya areal hutan dan semak membuat warga tidak berhasil menemukan pusat habitat babi hutan.

Warga berharap agar pemerintah atau pihak lain bisa membantu mereka untuk mengurangi populasi babi hutan di sekitar ladang penduduk agar lahan pertanian aman. [arp]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA