Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan Megawati-Prabowo Redam Tensi Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 06 Oktober 2024, 09:30 WIB
Pertemuan Megawati-Prabowo Redam Tensi Politik
Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri/Net
rmol news logo Rencana pertemuan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berpeluang menurunkan tensi politik sebelum Presiden Joko Widodo lengser pada 20 Oktober 2024 nanti.

Analis politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga berpendapat, jika pertemuan itu terwujud, maka peralihan kekuasaan akan berlangsung dalam suasana tenang dan riang gembira. 

"Rakyat akan melihat peralihan kekuasaan tidak mencekam, tapi dalam penuh kedamaian," kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Ekonomi dan Politik RMOL, Minggu (5/10).

Jamiluddin berharap pertemuan Megawati-Prabowo mengedepankan konteks kebangsaan. Pasalnya, dua tokoh ini dapat menghilangkan friksi-friksi yang mencuat usai Pilpres 2024.

"Karena itu, pertemuan Megawati-Prabowo bukan dalam konteks transaksi politik," kata Jamiluddin.

Menurutnya, jika pertemuan Megawati dan Prabowo kental transaksi politis, maka PDIP bisa dianggap partai haus kekuasaan.

"Kalau ini yang terjadi, maka PDIP bukan lagi partai ideologis. PDIP sudah berubah menjadi partai pragmatis yang haus kekuasaan," tutup Jamiluddin.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA