Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bamsoet: Kehadiran Paus Fransiskus sebuah Kehormatan terhadap Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 04 September 2024, 15:36 WIB
Bamsoet: Kehadiran Paus Fransiskus sebuah Kehormatan terhadap Indonesia
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertemu Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta/Ist
rmol news logo Kehadiran Paus Fransiskus merupakan sebuah kehormatan dan penghormatan terhadap Indonesia.

Hal ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang toleran, menjunjung tinggi kebebasan beragama, sekaligus senantiasa membuka ruang dialog antar umat beragam untuk menciptakan kehidupan yang harmonis antar umat beragama.

"Mewujudkan kehidupan yang damai adalah pesan universal yang dimuliakan dan dijunjung tinggi oleh setiap agama," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima Paus Fransiskus, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9).

Bamsoet mengatakan, isu moderasi dalam kehidupan agama telah menjadi isu global, di mana intoleransi telah menyebabkan kebebasan beragama di seluruh dunia mengalami tekanan. 

"Bagi Indonesia sendiri, kita adalah bangsa yang majemuk sejak kelahirannya, di mana penduduknya menganut 6 agama berbeda yang diakui oleh negara, serta puluhan aliran kepercayaan," kata Bamsoet.

Bamsoet menerangkan, moderasi dalam kehidupan beragama tidak dimaknai untuk mengabaikan ajaran nilai-nilai agama. 

Karena sesungguhnya nilai-nilai agama akan selalu melekat dan mewarnai dalam kehidupan keseharian, yang mengajarkan untuk menjaga hubungan silaturahmi yang harmonis dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

"Bagi kita di Indonesia, relasi antara agama dan negara telah diatur sedemikian khas, di mana kita bukan negara agama yang berdasar pada satu agama tertentu," pungkas Bamsoet.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA