Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketum Golkar Mundur, Airlangga Catat Sejarah Pertama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 12 Agustus 2024, 12:57 WIB
Ketum Golkar Mundur, Airlangga Catat Sejarah Pertama
Tangkap layar Airlangga Hartarto mundur dari posisi ketua umum Partai Golkar/RMOL
rmol news logo Pilihan Airlangga Hartarto mundur dari posisi ketua umum Partai Golkar menjadi yang pertama kali terjadi dalam sejarah berdirinya partai politik (parpol) berlogo pohon beringin. 

Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos menilai wajar publik terkejut ketika mendengar Airlangga mundur dari jabatan ketum Partai Golkar karena belum pernah terjadi di masa kepemimpinan sebelumnya. 

"Terlepas apa sebab dan motif pengunduran dirinya, yang jelas dalam sejarah berdirinya partai Golkar sepertinya belum pernah ada ketum partai ini yang mengundurkan diri," ujar Subiran kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, Senin (12/8). 

Di samping itu, pengamat politik lulusan S2 komunikasi politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) itu meyakini, waktu pengunduran diri Airlangga agak aneh, karena menjelang hajatan besar Golkar. 

"Ini menjelang Munas (Musyawarah Nasional) yang rencananya akan digelar di akhir tahun 2024 ini juga," sambungnya.

Oleh karena itu, pengamat yang akrab disapa Biran itu melihat kemungkinan mekanisme pergantian kepemimpinan Golkar tidak dilakukan secara reguler atau biasa. 

"Dengan pengunduran diri ini artinya Golkar akan menggelar Munaslub untuk menentukan ketum definitif selanjutnya lebih cepat dari jadwal Munas," demikian Biran. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA