Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kegagalan Parpol Jalankan Kaderisasi Buka Jalan Artis Maju Pilkada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 10 Juli 2024, 13:50 WIB
Kegagalan Parpol Jalankan Kaderisasi Buka Jalan Artis Maju Pilkada
Ilustrasi Pilkada 2024/Net
rmol news logo Fenomena artis maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 merupakan bentuk kegagalan partai politik (parpol) dalam menjalankan fungsinya sebagai pencetak kader-kader terbaik.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, fungsi parpol dalam melakukan rekrutmen hingga kaderisasi selama ini tidak berjalan baik. Tidak heran kalau akhirnya banyak parpol yang cenderung pragmatis dalam mengusung calon.

“Partai gagal jalankan fungsinya berupa rekrutmen dan kaderisasi kepemimpinan, sehingga terjebak dalam dilema popularitas,” kata Dedi kepada RMOLJabar, Rabu (10/7).

Menurut Dedi, parpol terkesan malas dalam melakukan kaderisasi. Mereka hanya mengambil keuntungan dari popularitas tokoh atau figur yang diusung untuk mengharapkan kemenangan dalam kontestasi.

“Sistem pemilihan memang memungkinkan tokoh populer lebih mudah mendapatkan suara, karena pemilih hari ini lebih condong memilih karena faktor kesukaan dibanding kapasitas,” tuturnya.

Dedi mengakui, tren selebriti masuk dunia politik memang telah berlangsung lama. Namun dalam beberapa pemilu terakhir, tren tersebut tampak mengalami peningkatan.

“Meskipun sudah dimulai sejak lama, tetapi Pemilu 2024 cukup signifikan penambahan kelompok selebriti yang masuk ruang politik,” demikian Dedi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA