Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS Punya PR Perluas Ceruk Pemilih di Jakarta Setelah Usung Anies

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 26 Juni 2024, 16:35 WIB
PKS Punya PR Perluas Ceruk Pemilih di Jakarta Setelah Usung Anies
Anies Baswedan-Sohibul Iman/Net
rmol news logo Pengusungan Anies Baswedan-Sohibul Iman sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dinilai akan sulit mendapatkan ceruk pemilih yang lebih luas.

Direktur Eksekutif Sentral Politika Subiran Paridamos memandang, PKS malah memunculkan pekerjaan rumah (PR) untuk dirinya sendiri karena mengusung Anies bersama Sohibul Iman.

"Fakta politik elektoralnya selama ini Anies justru tidak bisa dipisahkan dari PKS atau diasosiasikan sebagai calon yang memiliki basis suara yang sama dengan basis suara PKS," ujar Subiran kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (26/6).

Menurutnya, pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017, Anies memenangkan Pilgub DKI Jakarta karena ditopang basis suara PKS.

"Artinya duet Anies-Sohibul Iman ini justru hanya punya 1 warna partai politik," sambungnya menegaskan.

Oleh karena itu, lulusan S2 komunikasi politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) itu memperkirakan, potensi kemenangan akan sulit diperoleh PKS bersama Anies-Sohibul di Pilgub Jakarta 2024.

"Ini jelas kalkulasi yang kurang matang. Sebab satu warna partai yang mengkapling cagub dan cawagub sekaligus justru merugikan Anies dan PKS secara elektoral," demikian sosok yang kerap disapa Biran itu menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA