Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas Pastikan Pembahasan Perjanjian Dagang Indonesia-Turki Dilanjutkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 10 Juni 2024, 22:58 WIB
Mendag Zulhas Pastikan Pembahasan Perjanjian Dagang Indonesia-Turki Dilanjutkan
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Turki Omer Bolet/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Turki Omer Bolet di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Organisasi Kerjasama Islam/OKI dan Pertemuan Informal Menteri Perdagangan D-8 di Istanbul.

Pertemuan itu membahas sejumlah isu strategis salah satunya perkembangan perundingan Indonesia-Turkiye Comprehensive Economic Partnership (IT-CEPA) yang sempat tertunda selama 4 tahun.

"Indonesia mendorong untuk segera melanjutkan perundingan IT-CEPA sebagaimana kesepakatan Presiden RI dan Presiden Turki," ujar Zulhas, Senin (10/6).

Zulhas yang juga Ketua Umum PAN menjelaskan bahwa dengan mempercepat IT-CEPA maka berbagai kerjasama dalam rangka meningkatkan perdagangan kedua negara juga bisa diakselerasi.

Sementara itu, Mendag Turki Omer Bolet menegaskan jika Turki juga ingin meningkatkan perdagangan dengan Indonesia. Mengingat Turki sangat bergantung perdagangannya dengan dengan Eropa.

Menjawab hal itu, Zulhas menegaskan bahwa Indonesia-Turki punya hubungan yang panjang lebih 600 tahun.

Lanjutnya, Indonesia baru menyelesaikan Pemilu dan Presiden terpilih berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan di berbagai sektor antara lain alutsista, peningkatan ekspor produk unggulan Indonesia hingga pembangunan Ibu Kota baru merupakan peluang yang bagus untuk memperkuat perdagangan kedua negara.

“Dengan jumlah penduduk 280 juta jiwa, situasi politik yang stabil, PDB Indonesia sekarang 1,4 triliun Dolar AS, maka ini peluang kerjasama yang baik antara Indonesia dan Turki,” pungkas Zulhas.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA