Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keuntungan Dunia Usaha akan Anjlok Jika Tapera Dipaksakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 06 Juni 2024, 11:21 WIB
Keuntungan Dunia Usaha akan Anjlok Jika Tapera Dipaksakan
Direktur Ekonomi Celios, Nailul Huda/Net
rmol news logo Kewajiban menjadi peserta Tabungan Perumahan Rakyat (TPR) bagi seluruh pegawai baik negeri maupun swasta, diperkirakan bakal memberikan dampak ekonomi pada dunia usaha maupun masyarakat kelompok pekerja.

Direktur Ekonomi Center of Economic and Law Studies (Celios), Nailul Huda menuturkan, kebijakan Tapera berdasarkan hasil simulasi ekonomi menyebabkan penurunan PDB sebesar Rp1,21 triliun. Hal ini menunjukkan dampak negatif pada keseluruhan output ekonomi nasional.

Huda menjelaskan, dampak negatif itu dihitung menggunakan model input-output yang menunjukkan nilai penurunan pertumbuhan kelompok usaha dan juga pekerja mencapai triliunan rupiah.

"Menunjukkan surplus keuntungan dunia usaha turut mengalami penurunan sebesar Rp1,03 triliun, dan pendapatan pekerja turut terdampak dengan kontraksi sebesar Rp200 miliar," ujar Huda dalam keterangannya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (6/6).

Penurunan ekonomi di dunia usaha dan juga masyarakat kelompok pekerja, ditegaskan Huda, menjadi salah satu indikator dari komponen naik atau turunnya pertumbuhan ekonomi nasional ke depan.

"Yang berarti daya beli masyarakat (akibat kontraksi pendapatan dunia usaha dan pekerja) juga berkurang dan menurunkan permintaan berbagai jenis sektor usaha," demikian Huda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA