Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pegang Kendali Penuh, Prabowo Harus Mandiri Tentukan Komposisi Kabinet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 29 Maret 2024, 12:42 WIB
Pegang Kendali Penuh, Prabowo Harus Mandiri Tentukan Komposisi Kabinet
Prabowo Subianto dan Joko Widodo/Net
rmol news logo Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto sebaiknya independen dan mandiri dalam menentukan komposisi kabinet di pemerintahan ke depan.

Oleh karena itu, kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, Prabowo tidak boleh melibatkan Joko Widodo yang sudah bukan kepala negara kelak.

"Dari struktur politik memang akan kokoh jika Prabowo mandiri, dan itu keharusan, karena Jokowi bukan siapa-siapa dalam konstelasi politik pasca lengser," kata Dedi Kurnia Syah kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (29/3).

Kendati demikian, Pengamat Politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini memahami posisi Prabowo yang dibantu penuh Jokowi dalam Pilpres 2024. Sehingga, Jokowi masih punya kesempatan untuk mencoba mengintervensi pemerintahan nantinya.

"Mungkin saja Jokowi punya andil besar dalam suksesi kepemimpinan Prabowo, sehingga Jokowi punya kuasa interventif ke Prabowo," tuturnya.

Namun, sebagai seorang pemimpin, Prabowo sedianya memegang kendali penuh atas pemerintahan kelak, meskipun ia didampingi putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai wakilnya.

"Dan itu (pegang kendati penuh) adalah sebuah keharusan," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA