Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sidang Isbat Momen Penting Tentukan Bersama Awal Ramadan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 11 Maret 2024, 13:20 WIB
Sidang Isbat Momen Penting Tentukan Bersama Awal Ramadan
Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi/Ist
rmol news logo Pemerintah telah menetapkan awal Ramadan 1445 H jatuh pada 12 Maret 2024. Penetapan ini diperoleh melalui mekanisme sidang isbat yang dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi mengatakan, sidang Isbat merupakan momen penting untuk menentukan bersama awal Ramadan.

"Ini momen kita memperhatikan perbedaan dengan tetap menjaga persatuan," kata Ashabul Kahfi dikutip dari laman Kemenag, Senin (11/3).

"Kami menghormati semua pandangan. Kami berharap Sidang Isbat mencapai kesepakatan harmonis dan memberi kepastian umat Islam memulai ibadah puasa," sambungnya.

Terkait perbedaan dalam mengawali puasa Ramadan, Ashabul Kahfi berpesan untuk menghargai keragaman. Hal itu menurutnya menunjukkan kekayaan dan dinamika pemahaman terhadap ilmu falak dan metode hisab. Perbedaan hal wajar dan tidak seharusnya mengurangi persaudaraan.

"Kami menghargai komitmen pemerintah untuk memastikan proses penentuan awal Ramadan dilakukan dengan cara yang transparan akuntabel dan ilmiah," kata Ashabul Kahfi.

"Mari kita ingat bahwa Ramadan bukan hanya tentang menentukan tanggal tapi lebih dari itu, mempersiapkan diri di bulan penuh berkah. Kami mengajak semua pihak terus berdiskusi demi mencapai pemahaman bersama ," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA