Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo-Gibran Diingatkan Soal Dampak Buruk Koalisi Gemuk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 07 Maret 2024, 14:43 WIB
Prabowo-Gibran Diingatkan Soal Dampak Buruk Koalisi Gemuk
Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka/Istimewa
rmol news logo Pasangan calon presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, diingatkan sejak jauh-jauh hari soal dampak buruk dari koalisi gemuk dalam kabinet pemerintahannya nanti.

Seperti disampaikan analis politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, koalisi gemuk akan membuat kabinet Prabowo-Gibran cenderung diisi banyak politisi.

Buntutnya, jatah para profesional untuk menjadi menteri otomatis berkurang.

"Kalau hal itu yang terjadi, maka kabinet Prabowo-Gibran dominan diisi para politisi," ucap Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (7/3).

"Hal ini tampaknya kurang elok, karena tantangan ke depan memang dibutuhkan para profesional untuk mendongkrak kinerja kementerian, terutama di bidang perekonomian," sambungnya.

Ia menambahkan, kondisi tersebut akan membuat Prabowo menghadapi pilihan-pilihan yang rumit, apakah akan membatasi politisi dalam kabinetnya atau menambah struktur untuk menyediakan tempat bagi profesional.

"Jadi, Prabowo tinggal memilih, politisi atau profesional yang dominan dalam kabinetnya. Pilihan ini akan mempengaruhi kelincahan dan kinerja kabinetnya," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA