Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DEBAT PILPRES 2024

Antisipasi Ancaman Siber, Ganjar: BSSN Mesti Dikuatkan!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Minggu, 07 Januari 2024, 20:55 WIB
Antisipasi Ancaman Siber, Ganjar: BSSN Mesti Dikuatkan<i>!</i>
Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan capres nomor urut satu, Anies Baswedan/Repro
rmol news logo Dalam rangka menjaga pertahanan siber negara, diperlukan penguatan Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN), dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta infrastruktur yang baik.

Hal itu disampaikan capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan nomor urut satu, Anies Baswedan terkait maraknya peretasan digital di Tanah Air, dalam Debat Capres 2024 di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu malam (7/1).

“Kita mesti menguatkan BSSN dan kita penting untuk membuat security system yang baik, bahkan selain membangun SDM dan infrastruktur yang baik, maka kecepatan internetnya dan coverage harus tinggi,” kata Ganjar.

Di sisi lain, capres yang disinggung dan didukung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo itu mengingatkan agar anggaran untuk penguatan infrastruktur siber yang lebih baik agar tidak dikorupsi.

“Kalau kita membuat satu sistem infrastruktur yang bagus, jangan dikorupsi. Ini yang kemudian dipersoalkan,” tambah Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menilai pentingnya melibatkan lembaga negara lainnya dalam mengupayakan ketahanan dan keamanan siber.

“BRIN bisa kita libatkan, mereka bisa membuat kolaborasi yang sangat bagus, bahkan pengamanan kepolisian,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA