Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Minta KPU Tak Tutup Ruang Pengawasan Debat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 06 Januari 2024, 20:55 WIB
Bawaslu Minta KPU Tak Tutup Ruang Pengawasan Debat
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja/RMOL
rmol news logo Pelaksanaan debat kedua untuk calon presiden (capres) 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), diharapkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa diberikan ruang pengawasan yang maksimal, dan tidak tertutup.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan, pelaksanaan debat yang sudah berlangsung dua kali yang pada 12 Desember 2023 untuk debat capres, dan 21 Desember untuk debat cawapres, pengawas tidak diberikan ruang pengawasan yang maksimal.

"Bawaslu tidak mendapatkan akses penuh dalam pengawasan langsung pada Debat Capres Pemilu 2024," ujar Bagja dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/1).

Dia menjelaskan, terdapat beberapa indikator yang membuat Bawaslu merasa tidak mendapatkan ruang yang cukup untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan dalam tahapan pemilu kali ini.

"Tidak maksimal mengidentifikasi kejadian-kejadian khusus, dugaan pelanggaran prosedur, serta dugaan pelanggaran lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan," urainya.

Maka dari itu, Bagja meminta agar KPU RI tidak melakukan hal serupa pada debat capres yang akan berlangsung di Hall Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu besok (7/1).

"Saran perbaikan ini berdasarkan catatan hasil pengawasan Bawaslu pada pelaksanaan Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada 22 Desember 2023," demikian Bagja menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA