Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Personal Atau Berpasangan, IDInsight Catat Keunggulan Ganjar dari Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 04 Januari 2024, 21:39 WIB
Personal Atau Berpasangan, IDInsight Catat Keunggulan Ganjar dari Prabowo
Ilustrasi/RMOL
rmol news logo Meski berbeda tipis, elektabilitas calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo unggul di atas calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Keunggulan Ganjar di atas Prabowo terekam dalam survei terbaru Lembaga Indonesia Data Insight (IDInsight), yang dirilis Kamis (4/1).

Direktur Eksekutif IDInsight John Muhammad memaparkan, Prabowo dalam pertanyaan terbuka mencatatkan elektabilitas di angka 33,8 persen.

"Angka ini masih lebih tinggi daripada Anies Baswedan di 21,2 persen. Akan tetapi masih kalah dengan Ganjar yang berada di angka 34,7 persen," ujar John.

Pada simulasi capres masih ada 10,3 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak jawab.

Begitu juga saat disimulasikan dengan pasangan masing-masing. Kata John, Ganjar-Mahfud MD unggul lawan Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin.

"Ganjar-Mahfud tembus di angka 38,3 persen, sementara angka pasangan Prabowo-Gibran 34,8 persen dan Anies-Muhaimin 22,3 persen," tuturnya.

Pada simulasi pasangan calon ada 6,5 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak jawab.

Survei ini dilakukan pada 15-22 Desember 2023, dengan menggunakan pendekatan random purposive dari kecamatan hingga desa di 416 kabupaten dan 98 kota.

Melibatkan 1.200 responden, survei menetapkan nilai margin of error sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan di angka 95 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA