Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Pergub DKI, Bawaslu Belum Sanksi Gibran Soal Kampanye di CFD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 09 Desember 2023, 12:28 WIB
Ada Pergub DKI, Bawaslu Belum Sanksi Gibran Soal Kampanye di CFD
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja/RMOL
rmol news logo Aksi bagi-bagi susu gratis yang dilakukan Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di car free day (CFD), Jakarta Pusat masih diusut Bawaslu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja menerangkan, dugaan pelanggaran kampanye itu kini ditangani Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Sosok yang kerap disapa Bagja itu tidak spesifik menyebut jenis dugaan pelanggaran yang dilakukan Gibran. Ia hanya menyinggung dasar aturan yang melarang pemanfaatan CFD untuk kegiatan politik.

"Karena ini kan peraturannya terkait Peraturan Gubernur (Pergub). Silakan nanti teman-teman (Bawaslu Provinsi DKI Jakarta) yang akan menindaklanjutinya," ujar Bagja kepada wartawan, Sabtu (9/12).

Dia menuturkan, Bawaslu RI sampai saat ini masih menunggu informasi lanjutan dari jajaran Bawaslu Provinsi DKI Jakarta terkait penelusuran kejadian bagi-bagi susu gratis Gibran di CFD.

Namun, Anggota Bawaslu RI dua periode itu mengklaim, pihaknya hanya bisa mengimbau kepada Gibran dan peserta Pilpres 2024 lainnya karena larangan berpolitik di CFD hanya diatur Peraturan Gubernur DKI Jakarta.

"Ini (aturan) bukan hanya satu Cawapres atau Capres, tapi semuanya. Jadi Bawaslu Provinsi sekarang akan mengingatkan kembali terhadap peraturan-peraturan daerah yang ada," tutup Bagja. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA