Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Endus Bau Kecurangan, Mahfud Minta Masyarakat Ikut Awasi Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 17 Oktober 2023, 20:24 WIB
Endus Bau Kecurangan, Mahfud Minta Masyarakat Ikut Awasi Pemilu
Menko Polhukam, Mahfud MD/Ist
rmol news logo Bau-bau kecurangan pada pemilihan umum (Pemilu) diendus Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

Kecurigaan itu dia sampaikan pada dialog kebangsaan bertajuk "Sukses Pemilu 2024 Menuju Indonesia Maju", di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/10).

Menurutnya, Pemilu sebagai sebuah mekanisme perebutan kekuasaan yang legal dalam negara demokrasi, dapat dipastikan tidak terlepas dari upaya-upaya yang melanggar prinsip jujur dan adil.

"Sebagai kontestasi kekuasaan berbagai kekuatan politik, fakta menunjukkan adanya upaya-upaya mempengaruhi proses dan hasil Pemilu dan Pilkada secara curang dan melanggar hukum," kata Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu memandang, antisipasi terhadap kecurangan dalam proses Pemilu perlu dilakukan semua pihak, bukan hanya lembaga yang bertugas, seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Meski telah ada mekanisme pengawasan dan penegakan hukum serta pengawas di setiap tingkat, namun partisipasi masyarakat mutlak dibutuhkan," tuturnya.

Mahfud menegaskan, pelaksanaan Pemilu yang berintegritas harus membuka ruang yang luas bagi keikutsertaan masyarakat dari berbagai golongan maupun kelompok, tanpa terkecuali.

"Masyarakat harus memiliki kesadaran mengawasi dan menciptakan kondisi yang mampu mencegah terjadinya pelanggaran dan kecurangan, tidak perlu menunggu tahapan hasil Pemilu dan Pilkada usai," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA