Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Putusan MK, Butet Kartaredjasa Ingatkan Jokowi tentang Awal Datangnya Bencana Moral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 16 Oktober 2023, 08:04 WIB
Jelang Putusan MK, Butet Kartaredjasa Ingatkan Jokowi tentang Awal Datangnya Bencana Moral
Seniman Butet Kartaredjasa/Net
rmol news logo Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang usia calon presiden dan wakil presiden bisa membuat seniman Butet Kartaredjasa bersedih, jika mahkamah yang dipimpin adik ipar Presiden Joko Widodo itu menyebabkan Gibran Rakabuming Raka berpasangan dengan Prabowo Subianto.

“Bagi saya ini awal datangnya bencana moral. Rakyat Indonesia bukan orang bodoh yang tak bisa membaca peristiwa. Rakyat punya kecerdasan ‘membaca; yang tersembunyi di balik semua itu,” tuturnya menceritakan suasana hati, sebagaimana pesan yang diterima pada Senin (16/10).

Butet tidak ingin legasi Jokowi sebagai 'role model' pemimpin yang baik akan rontok. Pasalnya, sejak 1998 Butet cs telah berjuang untuk lahirnya seorang presiden yang pantas dijadikan contoh, role-model, barometer, dan tauladan, yang bisa dimiliki bangsa Indonesia sepanjang sejarahnya.

“Sekarang kami sudah memiliki, yaitu njenengan. Tinggal setahun lagi njenengan bekerja seperti kemarin-kemarin, kebanggaan itu akan abadi,” sambungnya.

Butet memastikan dirinya tidak sedang mendikte apalagi menggurui Jokowi. Dia yakin Jokowi punya pemikiran dan insting yang tajam, yang pada akhirnya bisa memberikan yang terbaik. Yaitu, memenuhi harapan kami yang bekerja di ranah kebudayaan.

“Dari tempat kami bekerja, saya hanya bisa mengingatkan selagi kesempatan itu masih ada,” tegasnya.

Kepada Jokowi, Butet mengaku ikhlas membantu selama ini karena alasan kebaikan bersama. Bantuan itu sekadar “ngelingke” atau mengingatkan.

Eling sangkan paraning dumadi. Selalu waspada bahwa ‘melik kuwi nggendong lali’,” lanjutnya.

“Semoga njenengan dilimpahi kesehatan jiwa-raga,  ketajaman pikir dan keluasan imajinasi tak bertepi. Moga-moga mukjizat itu benar-benar terjadi. Semesta akan membimbing. Nuwun,” tutup Butet. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA