Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keputusan Mendag Sudah Tepat, SHW Center: TikTok Shop Predator Sektor UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 04 Oktober 2023, 14:45 WIB
Keputusan Mendag Sudah Tepat, SHW Center: TikTok Shop Predator Sektor UMKM
Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho/Net
rmol news logo Keputusan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melarang layanan perdagangan online melalui aplikasi marketplace TikTok Shop, sudah tepat.

Dikatakan Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho, keberadaan TikTok Shop sejauh ini mematikan banyak usaha rakyat di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kita dukung keputusan tersebut. Selama ini, TikTok Shop menjadi predator bagi sektor UMKM," ujar Hardjuno di Jakarta, Rabu (4/10).

Menurutnya, TikTok Shop yang menerapkan predatory pricing memberikan pukulan yang berat bagi pelaku UMKM. Sehingga, kebijakan itu sudah pas sebagai bukti negara hadir melindungi rakyatnya, utamanya yang bergelut di sektor UMKM.

Terlebih, lanjutnya, sejarah membuktikan bahwa sektor UMKM mumpuni menjadi lokomotif utama ekonomi di saat krisis.

"Karena itu, demi rasa kebangsaan dan nasionalisme kita, adalah wajib hukumnya bagi kita semua untuk melindungi kepentingan bisnis rakyat di bumi pertiwi ini," tegasnya.

Hardjuno melanjutkan sektor usaha rakyat ini harus diproteksi oleh negara. Sebab, mereka tidak akan bisa bersaing dengan perusahaan berskala besar.

"Saya kira, Tiktok Shop, dengan sumber daya finansial yang besar, mampu menawarkan produk dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan UMKM lokal. Ini jelas tidak fair," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA