Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakai Istilah Geser untuk Pindahkan Warga Pulau Rempang, Bahlil Lahadalia Mirip Pejabat Orba

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 28 September 2023, 16:50 WIB
Pakai Istilah Geser untuk Pindahkan Warga Pulau Rempang, Bahlil Lahadalia Mirip Pejabat Orba
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia/Ist
rmol news logo Menteri Investasi Bahlil Lahadalia seperti pejabat zaman Orde Baru alias Orba yang gemar melakukan penghalusan diksi. Seperti pernyataan Bahlil yang akan menggeser warga Pulau Rempang, Kepulauan Riau ke Tanjung Banon yang berjarak 3 kilometer dari lokasi semula.

“Kebiasaan penghalusan istilah itu lazim dilakukan pejabat di zaman Orba.  Saat itu pejabat terbiasa menghaluskan istilah untuk mengaburkan substansi persoalan,” kata pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/9).

Menurutnya, Bahlil hendak kabur dari persoalan yang terjadi di Pulau Rempang dengan mengganti diksi yang lebih halus agar dapat diterima masyarakat.

“Bahlil tampaknya ingin mengaburkan persoalan sesungguhnya,” kata Jamiluddin.

Dengan diksi penggeseran, kata Jamiluddin, Bahlil seperti mempertegas pernyataannya bahwa warga setempat mau dipindahkan dari pemukimannya saat ini.

“Bahlil ingin memberi kesan seolah warga Rempang mau digeser. Warga setempat hanya tidak mau digusur atau direlokasi,” demikian Jamiluddin.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA