Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maruf Amin Ajak Pengusaha Hijrah ke Instrumen Syariah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 08 September 2023, 06:31 WIB
Maruf Amin Ajak Pengusaha Hijrah ke Instrumen Syariah
Wakil Presiden Maruf Amin/Ist
rmol news logo Wakil Presiden Maruf Amin mengajak semua pengusaha yang masih menggunakan sistem konvensional untuk berubah ke sistem syariah. Hal ini dikatakan Maruf usai mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Aceh, di Banda Aceh, Kamis (7/9).

Menurut Maruf, pengusaha itu harus dibangun dengan menginkubasi potensi-potensi berbasis syariah yang selama ini belum ditumbuhkan.

“Yang sudah ada dikuatkan dan yang paling penting menghijrahkan pengusaha yang selama ini di konvensional menjadi pengusaha yang syariah,” ujar Maruf Amin dikutip Kantor Berita RMOLAceh.

Tak hanya itu, bekas Ketua Majelis Ulama Indonesia (MPU) Pusat ini juga mengajak pesantren-pesantren hingga ulama di Tanah Rencong beralih ke sistem yang berbasis syariah.

"Abu-abu (panggilan untuk ulama di Aceh, red) jangan sampai menggunakan instrumen yang konvensional. Kalau begitu abunya belum abu syariah tapi masih abu konvensional,” kata Maruf Amin.

Dia menyebut, membangun pengusaha muslim dan menghijrahkan mereka merupakan tugas penting tanggungjawab yang harus dilakukan oleh semua pihak.

“Saya kira Aceh adalah daerah yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai islam. Bukan saja ibadahnya, tapi juga muamalahnya,” jelasnya.

Di sisi lain, Maruf Amin memberikan apresiasi terhadap langkah Aceh yang sudah lebih dulu mengkonversi bank pembangunan daerah dari konvensional ke sistem syariah secara keseluruhan.

Oleh karena itu, dia meminta para pemuka agama dan ulama agar terus melakukan ijtihad-ijtihad dalam rangka mengembangkan kajian dan pemikiran di bidang ekonomi dan keuangan syariah kontemporer.

“Sehingga akan melahirkan solusi-solusi yang konkrit atas berbagai persoalan masa kini dan mendatang,” demikian Maruf Amin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA