Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Presiden Bank Dunia, Jokowi Curhat Kurangnya Perhatian pada Negara Berkembang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 04 September 2023, 22:12 WIB
Bertemu Presiden Bank Dunia, Jokowi Curhat Kurangnya Perhatian pada Negara Berkembang
Presiden Jokowi menerima Presiden Bank Dunia, Ajay Banga, di Istana Merdeka/Ist
rmol news logo Sejumlah isu dibahas Presiden RI, Joko Widodo, saat menerima Presiden Bank Dunia, Ajay Banga, beserta delegasi di Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/9).

Kepala Negara mengatakan, Indonesia dan negara berkembang lainnya menaruh harapan kepada Bank Dunia untuk bisa mewujudkan sistem keuangan yang lebih adil.

“Saya yakin Presiden Banga menyadari berbagai kritik pada Bank Dunia, termasuk oleh Sekjen PBB, terkait kurangnya perhatian pada kepentingan negara berkembang," kata sosok yang akrab disapa Jokowi itu.

"Indonesia dan negara berkembang lain menaruh harapan besar kepada anda untuk mewujudkan sistem keuangan global yang lebih adil bagi semua, terutama bagi negara berkembang,” sambungnya.

Menurut Jokowi, situasi ketidakpastian global saat ini berpengaruh terhadap pembangunan di negara berkembang. Untuk itu perlu ada kolaborasi lintas pemangku kepentingan untuk menghadapi situasi itu.

“Saya ingin menjajaki potensi kolaborasi Bank Dunia dengan Indonesia dan ASEAN untuk menjawab tantangan itu,” lanjutnya.

Ikut mendampingi presiden dalam pertemuan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansury.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA