Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejumlah Menteri Nyaleg Saat Masih Menjabat, Mendagri: Hak Politik, Kita Hormati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 21 Agustus 2023, 21:38 WIB
Sejumlah Menteri <i>Nyaleg</i> Saat Masih Menjabat, Mendagri: Hak Politik, Kita Hormati
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian/Ist
rmol news logo Pemilu 2024 dipastikan akan diramaikan oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka masuk daftar calon sementara (DCS) yang telah dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam pandangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, banyaknya anak buah Presiden Joko Widodo yang menjadi caleg DPR RI pada Pemilu 2024 adalah sebuah hal yang harus dihormati. Sebab, pencalegan seorang warga negara merupakan sebuah hak politik yang dilindungi Undang-undang (UU).

“Sekali lagi, hak politik sesuai Undang-undang, kita hormati sesuai aturan UU, apapun juga,” kata Tito kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/8).

Adapun nama-nama menteri maupun wakil menteri Jokowi yang terdaftar sebagai bacaleg di DCS diperoleh Kantor Berita Politik RMOL saat mengakses portal infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dpr, Senin (21/8).

Dari 9.919 Bacaleg yang memenuhi syarat dan masuk DCS, setidaknya ada 9 nama menteri dan wakil menteri Jokowi. Rinciannya, 5 menteri dan 4 wakil menteri. Mereka maju dari beberapa daerah pemilihan (Dapil).

Ada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly, nomor urut 1 dari PDIP dari Dapil Sumatera Utara I; Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, nomor urut 1 PKB dari Dapil Jakarta IIl; Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, nomor urut 1 Nasdem dari Dapil Sulawesi Selatan I.

Selanjutnya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, nomor urut 1 Golkar dari Dapil DKI Jakarta I; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Halim Iskandar, nomor urut 2 PKB dari Dapil Jawa Timur VIII.

Kemudian, Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, nomor urut 1 PBB dari Dapil Jawa Barat V; Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, nomor urut 1 Perindo dari Dapil Jawa Timur I; Wakil Menteri Dalam Negeri, Wempi Wetipo, nomor urut 1 PDIP dari Dapil Papua Pegunungan; dan Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, nomor urut 2 Golkar dari Dapil Sulawesi Utara. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA