Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Atasi Polusi Udara, Senator Jakarta Minta Pemerintah Contoh Negara Tetangga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 15 Agustus 2023, 10:56 WIB
Atasi Polusi Udara, Senator Jakarta Minta Pemerintah Contoh Negara Tetangga
Anggota DPD RI, Fahira Idris/Ist
rmol news logo Kualitas udara di Jakarta yang kian memburuk, bahkan masuk kota terpolusi di dunia, merupakan persoalan yang serius. Pemerintah harus segera putar otak mencari solusi untuk menyelamatkan rakyatnya.

"Kualitas udara yang buruk akan merugikan kita sebagai sebuah bangsa karena pasti akan mempengaruhi kualitas hidup dan produktivitas masyarakat,” ujar anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta, Fahira Idris, lewat keterangan resminya, Selasa (15/8).

Menurut Fahira, kunci keberhasilan mengatasi ancaman polusi udara adalah menyasar langsung sumber-sumber pencemaran yang diimplementasikan secara konsisten dan berkelanjutan seperti yang dilakukan banyak kota-kota besar di dunia.

Contohnya di Beijing (China), Kota Delhi (India), dan Seoul (Korea Selatan). Tiga kota ini mengadopsi kebijakan untuk mengurangi penggunaan batu bara dan memperbaiki teknologi pembangkit listrik.

Sementara di sektor transportasi yang juga menjadi salah satu sumber pencemaran udara, selain mempromosikan transportasi umum listrik, ditempuh juga kebijakan membatasi kendaraan bermotor.

“Beijing, Delhi, Seoul, dan banyak kota lain di dunia menyadari bahwa jika polusi semakin memburuk maka kualitas hidup mereka akan turun, dan otomatis produktivitas warga kota juga turun," jelas Senator Jakarta itu.

"Makanya, mereka berinvestasi dengan meningkatkan pendanaan untuk mengatasi polusi dengan mengubah sumber energi pada dua sektor, yaitu industri dengan beralih ke energi ramah lingkungan dan transportasi dari BBM menjadi gas atau listrik,” pungkas Fahira. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA