Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala BP2MI: Musuh Terbesar Negara Adalah Sindikat Penempatan Pekerja Migran Ilegal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 22 Juli 2023, 21:18 WIB
Kepala BP2MI: Musuh Terbesar Negara Adalah Sindikat Penempatan Pekerja Migran Ilegal
Acara pengukuhan Komunitas Kawan PMI dan Perkumpulan Wirausaha Pekerja Migran Indonesia (Perwira PMI) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/7)/Ist
rmol news logo Musuh terbesar negara saat ini adalah para sindikat pengirim Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal atau nonprosudural ke negara penempatan.

Atas dasar itu, Kepala Badan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menegaskan, negara tidak boleh kalah kalah. Pemerintah Indonesia akan terus memerangi para sindikat penempatan PMI ilegal atau Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Hal tersebut disampaikan Benny dalam acara pengukuhan Komunitas Kawan PMI dan Perkumpulan Wirausaha Pekerja Migran Indonesia (Perwira PMI) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/7).

"Musuh terbesar kita saat ini adalah para sindikat, semenjak tiga tahun terakhir ini saya terus katakan perangi sindikat, negara tidak boleh kalah," kata Benny.

Disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Hanura itu, negara mempunyai fasilitas, wewenang dan kekuasaan untuk menerangi para penjahat yang menjual anak bangsa ke luar negeri.

Oleh karena itu, Benny optimistis, pemerintah tidak akan kalah melawan para sindikat penempatan PMI ilegal.

"Masa kita mau kalah dengan penjahat-penjahat kemanusiaan itu, negara mempunyai semuanya untuk memerangi sindikat," katanya

Kendati demikian, Benny mengakui sulitnya negara memerangi para sindikat lantaran diduga dibekingi oleh oknum-oknum yang memiliki atribut kekuasaan, seperti oknum TNI dan Polri. Dia menyarankan kepada elite pimpinan lembaga untuk berani memberantas para oknum tersebut.

"Saya katakan, Pak Presiden kenapa penempatan sindikat ilegal ini sulit disentuh? Karena mereka selalu dibekingi oleh oknum yang memiliki atribut-atribut kekuasaan, itu pernyataan saya," pungkasnya.

Turut hadir dalam pengukuhan Kawan PMI dan Perwira PMI tersebut, di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Disnakertrans Jabar Rachmat Taufik Garsadi, Ketua dan pengurus Asosiasi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA