Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN Sisir Bacaleg Teridentifikasi Ganda Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 28 Juni 2023, 19:17 WIB
PAN Sisir Bacaleg Teridentifikasi Ganda Parpol
Wakil Ketua Umum Viva Yoga Mauladi/RMOL
rmol news logo Temuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal data bakal calon anggota legislatif (Bacaleg), khususnya yang teridentifikasi ganda atau mendaftar di dua partai politik (Parpol), ditelusuri Partai Amanat Nasional (PAN).

"Sedang diverifikasi, apakah ada data Bacaleg ganda. Tim pencalegan masih bekerja maksimal," ujar Wakil Ketua Umum Viva Yoga Mauladi saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (28/6).

Menurutnya, data ganda yang ditemukan KPU tidak terlepas dari kesalahan data yang masuk ke dalam sistem informasi pencalonan (Silon).

"Sistem Silon KPU memang rigit dan detail, sehingga jika ada input data tidak terkoneksi atau tidak sesuai, tidak jelas, tidak sinkron, maka tidak bisa dibaca oleh sistem," katanya.

Silon sebagai alat bantu Parpol mendaftarkan Bacaleg ke KPU, menurutnya berpotensi mengurangi akurasi data yang diserahkan Parpol.

Namun terlepas dari itu, Yoga memastikan Bacaleg yang mendaftar di dua Parpol berbeda bakal teridentifikasi belum memenuhi syarat.

"Kami percaya bahwa sebenarnya bacaleg itu sudah mengetahui bahwa mendaftarkan diri di dua partai politik adalah tidak boleh," demikian Yoga menambahkan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA