Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kenang Sejarah Posko Pandegiling, Ganjar: Dari Sini, Kemenangan Kita Raih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 06 Mei 2023, 18:11 WIB
Kenang Sejarah Posko Pandegiling, Ganjar: Dari Sini, Kemenangan Kita Raih
Bakal Calon Presiden (Capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di posko pemenangan Pandegiling, Kota Surabaya/Ist
rmol news logo Bakal Calon Presiden (Capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo, melakukan napak tilas di posko pemenangan Pandegiling, Kota Surabaya. Kunjungan ini, di sela kegiatan konsolidasi bersama kader banteng Jawa Timur.

Ganjar juga meresmikan posko tersebut menjadi posko Pemenangan Ganjar Pranowo untuk pemilu 2024.

"Di posko inilah tempat yang menjadi sejarah, di mana kemenangan-kemenangan yang dulu kita raih. Di posko inilah, kita bersama-sama melawan seluruh ketidakadilan yang terjadi," lantang Ganjar dalam pidatonya, Sabtu (6/5).

Seperti diketahui, pada era Orde Baru tahun 1996 hingga tahun 1998, Posko Pandegiling menjadi tempat berkumpulnya massa, tempat koordinasi dan konsolidasi kader PDI Jawa Timur.

Berdirinya Posko Pandegiling dipicu oleh terjadinya Kongres PDI dari faksi Soerjadi, Buttu Hutapea, Fatimah Ahmad dan Latief Pudjosskti, di Medan, April 1996.

Di sana, masih bertengger prasasti, yang menandai pergerakan PDI Pro-Mega. Prasasti tersebut diresmikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, pada 2001.

Posko Pandegiling juga menjadi salah satu tempat pemenangan pada saat Mega menjadi Presiden RI. Posko tersebut juga mengantar Presiden Joko Widodo menuju kursi kepresidenan 2014 dan 2019 silam.

"Saya masih mengingat masa-masa perjuangan pada saat itu karena melihat nuansa itu ada sampai hari ini dan terlihat dari wajah-wajah panjenengan (anda) semua. Rambutnya boleh putih, tapi semangatnya tetap muda dan menyala-nyala," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA