Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenlu Didesak Lindungi dan Evakuasi WNI di Sudan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 18 April 2023, 10:02 WIB
Kemenlu Didesak Lindungi dan Evakuasi WNI di Sudan
Hidayat Nur Wahid/Net
rmol news logo Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI didesak melindungi dan segera mengevakuasi seluruh WNI yang terancam keselamatannya akibat konflik bersenjata yang kian berkobar di Sudan.

Anggota Fraksi PKS DPR RI yang juga Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, menerima laporan dari lapangan bahwa kondisi keamanan di Sudan semakin genting dan membahayakan warga, termasuk WNI dan mahasiswa Indonesia.

“Demi melaksanakan kewajiban konstitusional, nagara wajib melindungi dan menyelamatkan WNI di Sudan,” kata Hidayat, dalam keterangan tertulis, Selasa (18/4).

Di sisi lain, dia menilai pemerintah perlu sigap dan segera membantu serta mengevakuasi seluruh WNI di Sudan, termasuk para Mahasiswa yang terdampak, hingga kembali stabilnya situasi keamanan dan politik di sana.

Ia mengaku khawatir pada kondisi 1.209 WNI dan mahasiswa Indonesia di Sudan yang makin terancam keamanan dan keselamatannya, di tengah memburuknya konflik antara angkatan bersenjata Sudan dengan milisi paramiliter Rapid Support Forces (RSF).

“Kami dengar laporan, hunian WNI berulang kali terkena peluru nyasar, situasi diperburuk dengan matinya internet, jaringan telepon dan air bersih di banyak lokasi selama dua hari terakhir, belum lagi keterbatasan logistik dan lain-lain,” tuturnya.

Hidayat Nur Wahid mengaku sangat miris dengan kondisi warga Indonesia di Sudan. "Apalagi sebentar lagi mereka harusnya merayakan Idulfitri,” tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA