Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dimulai Sejak HUT Perindo, Endorsement Jokowi Efektif Tingkatkan Elektabilitas Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 03 April 2023, 18:30 WIB
Dimulai Sejak HUT Perindo, <i>Endorsement</i> Jokowi Efektif Tingkatkan Elektabilitas Prabowo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto/Net
rmol news logo Naiknya elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam bursa calon presiden, tidak lepas dari sinyal dukungan atau endorsement terbuka dari Presiden Joko Widodo.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, jauh sebelum momen belakangan ini, Jokowi sudah memberikan sinyal itu pada Prabowo, tepatnya ketika keduanya hadir di HUT Perindo.

“Terutama sejak endorsement Jokowi ke Prabowo saat HUT Perindo pada 7 November 2022, setelah endorsement terbuka itu (elektabilitas) Prabowo alami kenaikan,” ujar Burhanuddin kepada wartawan, Senin (3/4).

Efektivitas endorsement Jokowi, kata Burhanuddin, tidak lain karena gaya bahaya yang dipakai adalah bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti masyarakat.

"Kalau (dukungan Jokowi) ke Prabowo low context, penerus Jokowi adalah Prabowo, Presiden 2024 jatah Prabowo sebanyak 5 kali, ditenteng ke sana ke mari," terangnya.

Dukungan itu, sambungnya, semakin maksimal manfaatnya dirasakan Prabowo, karena kompetitor potensialnya yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih terhalang restu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Makanya, Jokowi lebih leluasa dukung Prabowo. Setidaknya nanti akan ada 3 poros. Tetapi, kalau misal PDIP bisa bergabung dengan poros Istana ya kemungkinan besar akan ada 2 poros di Pilpres,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA