Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Terkait Pemilu, Adi Kurnia Konsisten Perjuangkan Tarif Transjakarta Gratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 09 Maret 2023, 18:42 WIB
Tak Terkait Pemilu, Adi Kurnia Konsisten Perjuangkan Tarif Transjakarta Gratis
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Adi Kurnia Setiadi/RMOL
rmol news logo Memiliki APBD terbesar di Indonesia yang mencapai Rp 83,7 triliun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seharusnya bisa menggratiskan moda Transportasi Jakarta alias Transjakarta.

Hal ini ditegaskan anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Adi Kurnia Setiadi, dalam diskusi "Forum Jakarta Kita" bersama Kantor Berita Politik RMOL di Kopi Timur, Jalan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (9/3).

"Dengan APBD yang besar, kesehatan bisa gratis, pendidikan bisa gratis, kenapa transportasi tidak dipikirkan agar bisa dirasakan kemanfaatannya bagi rakyat Jakarta?" kata Adi Kurnia.

Politikus Partai Gerindra itu membantah jika usulan penggratisan Transjakarta ini kuat muatan politis menjelang Pemilu 2024. Adi menegaskan, dirinya sejak lama telah menyuarakan hal ini demi kepentingan warga DKI.

"Kalau ditanya memungkinkan enggak Komisi B memperjuangkan moda transportasi Jakarta jadi gratis? Jangan-jangan ini politis karena tahun politik. Nah itu tergantung gimana memandang dan menafsirkan," ungkapnya.

Selama ini operasional angkutan umum yang dikelola Pemprov DKI Jakarta memang mengandalkan dana subsidi atau public service obligation (PSO) sekitar Rp 4,5 triliun pada 2023.

Duit sebanyak itu untuk subsidi tiket Transjakarta sekitar Rp 3,5 triliun, MRT Jakarta Rp 650 miliar dan LRT Jakarta Rp 350 miliar.

Selain Adi Kurnia, diskusi itu turut menghadirkan Pengamat Transportasi, Azas Tigor Nainggolan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA