Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vonis Kuat Ma'ruf-Ricky Rizal, Komjak: JPU Mampu Buktikan Substansi Dakwaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 14 Februari 2023, 22:42 WIB
Vonis Kuat Ma'ruf-Ricky Rizal, Komjak: JPU Mampu Buktikan Substansi Dakwaan
Kuat Ma'ruf/RMOL
rmol news logo Jaksa Penuntut Umum (JPU) dinilai mampu membuktikan substansi dakwaan, sehingga Majelis Hakim menyatakan para terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal, bersalah.

Kuat Ma'ruf mendapatkan vonis 15 tahun dan Ricky Rizal diputus 13 tahun penjara dalam putusan yang dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa (14/2).

"Tidak ada yang salah dengan tuntutan jaksa karena secara substantif kan terbukti sebagaimana dalam putusan hakim," kata Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak), Barita Simanjuntak.

Disampaikan Barita, proses hukum di pengadilan harus dilihat secara komprehensif sebagai satu kesatuan.

JPU, katanya, bertugas melakukan penuntutan tugas, sedangkan penasihat hukum memberikan pembelaan hukum, serta hakim memberikan pertimbangan dan putusan.

Menurutnya, ultra petita atau putusan hakim yang lebih tinggi dibandingkan tuntutan jaksa adalah hal lazim yang terjadi. Pun demikian jika vonisnya lebih rendah.

"Yang penting supremasi hukum, due process of law dan equlity before the law, sebagai unsur penting negara hukum dijalankan dengan benar dan konsisten," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA