Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yandri Susanto: Apakah Singapura Memusuhi Umat Islam Indonesia?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 18 Mei 2022, 07:28 WIB
Yandri Susanto: Apakah Singapura Memusuhi Umat Islam Indonesia?
Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto/Net
rmol news logo Sikap pemerintah Singapura menolak masuk Ustaz Abdul Somad dan rombongan ke negaranya disayangkan Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto.

Apalagi Kementerian Dalam Negeri (MHA) Singapura menyebut bahwa penolakan itu dilakukan karena Ustaz Abdul Somad (UAS) dikenal sebagai sosok yang menyebarkan ajaran ekstremis dan segregasi. Ajaran ini dianggap tidak dapat diterima di masyarakat multiras atau multiagama seperti Singapura.

Yandri memahami bahwa menolak atau menerima seseorang masuk merupakan hak dari sebuah negara berdaulat. Hanya saja, dia menilai alasan yang diberikan pihak Singapura tidak masuk akal.

“Memang hak sebuah negara untuk mengizinkan masuk atau tidak. Tapi apa alasannya? Tidak masuk akal. Apakah Singapura memusuhi umat Islam Indonesia?” tanya Yandri.

Wakil Ketua Umum PAN tersebut menilai Singapura seolah bersikap paranoid terhadap ulama Indonesia. Padahal, UAS bukan sosok penjahat ataupun teroris.

“Padahal hanya untuk liburan. Singapura perlu terbuka mengemukakan apa alasannya,” ujarnya.

Di satu sisi, Yandri berharap Dubes Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo tidak bisa lepas tangan begitu saja. Artinya, Suryopratomo tidak sebatas mengurai bahwa UAS ditolak masuk dan bukan dideportasi, tetapi juga melakukan pembelaan pada UAS yang merupakan warga negara Indonesia.

“Hak warga negara Indonesia perlu dibela. UAS itu WNI. Dubes perlu bela beliau. Tidak bisa lepas tangan,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA