Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies dengan Puan Berpeluang Diusung, Namun Sulit untuk Menang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 14 April 2022, 14:15 WIB
Anies dengan Puan Berpeluang Diusung, Namun Sulit untuk Menang
Anies Baswedan-Puan Maharani/Repro
rmol news logo Spekulasi duet antara Anies Baswedan dengan Puan Maharani mulai dibicarakan usai PDI Perjuangan mengundang Cak Nun berceramah di markas PDI Perjuangan, di Lenteng Agung.

Menurut pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga peluang Anies-Puan bisa saja terwujud kalau direstui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sebab, keputusan siapa yang akan diusung pada pilpres 2024 ada di tangan Megawati.

PDIP juga tak perlu repot mencari partai koalisi untuk mengusung pasangan capresnya. Sebab, PDIP satu-satunya partai yang dapat mengusung pasangan capres tanpa berkoalisi.

“Duet Anies-Puan juga ideal karena mewakili Islam-Nasionalis. Duet ini menjadi cerminan masyarakat Indonesia,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (14/4).

Hanya saja, kata Jamiluddin, Anies-Puan pasangan yang elektabilitas bak bumi dan langit. Elektabilitas Anies relatif tinggi dan cenderung terus meningkat, sementara Puan elektabilitas rendah dan cenderung statis.

“Pendukung Anies-Puan juga sangat sulit dipersatukan. Mereka cenderung saling meniadakan, sehingga elektabilitas duet Anies-Puan sulit untuk didongkrak,” ujarnya.

Dengan demikian, lebih lanjut Jamiluddin mengatakan, duet Anies-Puan akan sulit bersaing dengan pasangan lain. Bahkan duet ini berpeluang akan keog bila berhadapan dengan pasangan Ganjar Pranowo-Erich Thohir.

“Karena itu, duet Anies-Puan berpeluang diusung bila mendapat restu Megawati. Hanya saja peluang untuk menang tampaknya relatif kecil,” demikian Jamiluddin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA