Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Omicron Masuk Indonesia, Jokowi Perintahkan Pemda Perkuat Testing dan Tracing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 16 Desember 2021, 16:59 WIB
Omicron Masuk Indonesia, Jokowi Perintahkan Pemda Perkuat <i>Testing</i> dan <i>Tracing</i>
Presiden Joko Widodo/Repro
rmol news logo Virus Covid-19 varian Omicron terdeteksi masuk di Indonesia dari satu orang petugas kebersihan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menanggapi temuan tersebut, Presiden Joko Widodo meminta kepada jajarannya dari tingkat pusat hingga daerah untuk tetap melaksanakan penanganan Covid-19 secara maksimal.

Karena, Jokowi menyatakan bahwa pernyataan Menkes Budi Gunadi Sadikin saat mengumumkan varian Omicron sudah terdeteksi di wilayah Indonesia memang tak bisa terelakkan, karena salah satu karakter varian ini penularannya sangat cepat.

"Sekarang yang harus kita lakukan berupaya sekuat tenaga agar tidak meluas, jangan sampai terjadi penularan lokal," ujar Jokowi dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (16/12).

Maka dari itu, Jokowi menyatakan komitmen pemerintah yang ingin menjaga situasi di Indonesia tetap baik.

"Kita pertahankan jumlah kasus aktif tetap rendah, tingkat penularan di bawah satu, jangan sampai melonjak lagi waspada penting, tapi jangan penyebaran ini buat kita panik," katanya.
 
Meski sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan bagi pasien, terutama pasien-pasien yang sudah divaksin, namun Jokowi tetap memerintahkan pemerintah daerah untuk tetap memasifkan tes Covid-19 dan pelacakan kasus.

"Untuk pemerintah daerah saya minta testing dan tracing kontak erat digencarkan lagi, ditingkatkan lagi," demikian Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA