Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Menang Karena Dukungan Warga NU

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 30 Mei 2019, 00:47 WIB
Jokowi Menang Karena Dukungan Warga NU
Hasanuddin Ali/RMOL
rmol news logo Nahdatul Ulama (NU) merupakan organisasi muslim terbesar di negeri ini. Dukungan NU-lah yang membuat calon presiden petahana Jokowi meraih kemenangan di ajang Pilpres 2019.

CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali mengatakan, pada Pilpres 2019, suara Jokowi di daerah-daerah yang banyak penduduk muslimnya menurun drastis. Hal itu terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

"Tapi hal itu tidak terjadi di Jawa Timur dan Jawa Tengah," katanya dalam diskusi bertajuk ”Populisme Agama dalam Demokrasi Elektoral 2019”, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

Sebab, menurut dia, warga NU di dua daerah padat penduduk itu patuh terhadap para petinggi mereka. Sementara, hampir semua petinggi NU sudah menyatakan dukungan untuk Jokowi.

"2014 Habib Luthfi, kiai Syaid, Mbah Moen mendukung Prabowo. Sementara Khofifah, Said Ali, Cak Imin mendukung Jokowi-JK. Sekarang semua poros di belakang Jokowi. Poros Kramat NU, Poros Raden Saleh PKB, dan Poros Langit Habib Luthfi, kiai Syaid, Mbah Moen, Poros Ciganjur Yenny Wahid," jelasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA