Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HMPI: Peringatan Hari Lahir Pancasila Jangan Hanya Simbolis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 01 Juni 2017, 14:56 WIB
HMPI: Peringatan Hari Lahir Pancasila Jangan Hanya Simbolis
rmol news logo Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (DPP HMPI) dalam menyambut keputusan Presiden Jokowi menerbitkan  Keppres Presiden 24/2016 tentang Hari Lahir Pancasila. 1 Juni, yang jatuh pada hari ini, ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila.

"HMPI menyampaikan Selamat Merayakan Hari Lahir Pancasila, yang mengingatkan terhadap sosok Soekarno sebagai pencetus Pancasila yang sesuai dengan Ketuhanan yang Berkebudayaan dan Kepribadian Nasional," jelas Ketua Umum DPP HMPI, Andi Fajar Asti, M. Pd., M.Sc.

Pihaknya berharap sejarah lahirnya Pancasila, secara hegemonik, perlu ditanamkan dalam media apapun pada setiap perayaan agar mengetahui perbedaan antara Pancasila sebagai dasar Kebangsaan atau sebagai alat otoriteranian.

Pemerintah juga diminta menanamkan Pancasila dan doktrin kebhinekaan dalam kurikulum pendidikan untuk melatih mental kebangsaan dan bernegara secara mengakar.

Namun dia meminta Hari Lahir Pancasila tidak Hanya dirayakan secara simbolisme semata. "Akan tetapi perlu adanya progresifitas ke-Pancasila-an yang emansipatorik dan hegemonik," ungkapnya.

Terakhir, HMPI mengingatkan kaum muda menengah dan aliansi kepascasarjanan seluruh Indonesia.

"Bahwa karena Pancasila adalah karakter kepribadian nasional, maka tindakan despotik maupun despotisme sektarian perlu diwaspadai dalam rangka menghindari perpecahan dan mengokohkan Persatuan Nasional sebagai manifesto kebangsaan dalam marwah bernegara," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA