Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Terkejut, Netizen Sambut Baik Penunjukan Komjen Tito

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 18 Juni 2016, 09:49 WIB
Meski Terkejut, Netizen Sambut Baik Penunjukan Komjen Tito
tito karnavian/net
rmol news logo Komjen Tito Karnavian tidak digadang-gadang sebelumnya akan diajukan sebagai calon Kapolri. Publik, termasuk netizen, tak menduga kalau mantan kapolda Papua dan Metro Jaya itu bakal dipromosikan jadi Tribarata 1.

Maklum, dia baru saja menjabat sebagai Kepala BNP. Terlebih, alumni Akpol angkatan 1987 itu merupakan pati berpangkat Komjen termuda di Mabes Polri. Namun, meski mengejutkan, netizen menyambut baik pengajuan Komjen Tito sebagai penerus Jenderal Badrodin.

"Pilihan pak Jokowi yang mengejutkan ini ternyata mendapat respons yang sedemikian besar dan positif di media sosial," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, Sabtu (18/6).

Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence) mencatat, sepanjang 15 hingga 17 Juni 2016 pukul 17.00 wib, sebanyak 27.507 tweet menyambut antusias pilihan Jokowi atas Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri.

"Emosinya trust dan joy. Artinya media sosial menyambut positif atas penunjukan itu. Emosi tersebut dimunculkan dari berbagai cuitan alias pernyataan (tweet) yang ditujukan kepada Tito," ungkapnya.

Menurut dia, netizen menilai keputusan Jokowi menetapkan Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri sebagai pilihan yang baik. Selain menunjukkan keterkejutannya, Netizen memberi ucapan selamat kepada mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Ia menambahkan, penetapan Tito sebagai calon tunggal Kapolri juga mendapat perhatian media online. Dari 250 media online yang diriset Indonesia Indicator, pemberitaan soal isu ini mencapai 2.876 berita.

Dari 2.876 berita tersebut, lanjut Rustika, hanya ditemukan sebanyak 54 pemberitaan yang memberikan judul artikel dengan sentimen negatif yang ditujukan ke Tito. "Jadi hanya sekitar dua persen pemberitaan bertonasi negatif," paparnya.

Menurut Rustika, ini menandakan bahwa keputusan Jokowi menetapkan Tito sebagai calon tunggal Kapolri juga mendapat respons positif dari media dan publik di Tanah Air.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA