Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Cukup Prestasi, KSAU Mendatang harus Berjiwa Pemimpin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 28 November 2014, 19:45 WIB
RMOL. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) mendatang diharapkan punya wawasan dan jaringan luas sehingga bisa bertindak dan berpikir strategis lintas matra. Prestasi saja tidak cukup, tapi harus terbukti memiliki kemampuan memimpin yang mumpuni.

"Kita berharap figur KSAU baru nanti juga adalah figur yang bebas dari intervensi politik," tegas pengamat politik dan militer dari UIN Syarif Hidayatullah, Ali Irvan, dalam keterangannya Jumat, (28/11).

 Belakangan ini mencuat dua nama yang digadang-gadang menduduki jabatan KSAU. Pertama, Wakil KSAU, Marsekal Madya Bagus Puruhito. Kedua Irjen Kemenhan, Marsekal Madya Ismono Wijayanto.

Menurutnya, kedua orang ini belum tentu mampu mendukung visi kemaritiman Presiden Joko Widodo. "Visi ini berkaitan dengan menjaga laut Indonesia secara utuh," ungkapnya.

Apalagi, Bagus dan Ismono dinilai sebagai produk dari rezim pemerintahan sebelumnya. Bagus misalkan, dikenal dekat dengan SBY, karena pernah menjadi ajudannya. Sedangkan Ismono dikabarkan memiliki relasi yang dekat dengan petinggi militer yang dekat dengan SBY. 

Ali Irvan khawatir, nanti kinerja angkatan udara tidak maksimal bila kepala staffnya adalah salah satu dari keduanya. 

Sementara itu pengamat militer, Wawan Purwanto, menilai yang paling menentukan menggantikan menggantikan Marsekal Ida Bagus Putu Dunia adalah adalah kepercayaan. "Harus ada orang yang meyakini dan memberi kepercayaan, atau menjamin bahwa figur tertentu layak menggantikan Ida Bagus," paparnya.

 Selain itu, kalaupun saat ini sudah ada figur yang digadang atau dipastikan menjadi kepala staff, maka bisa saja di menit terakhir berubah. "Situasinya sangat dinamis," imbuh Wawan. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA